Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Belajarnya Abbas’ Category

Kemarin ketika kami ber”lebaran” ke rumah saudara, beliau bercerita kalau anaknya kursus disuatu lembaga kursus. Diantara kursus yang dimasukinya adalah kursus metematika, harga kursus disana disebutkan sekitar Rp. 1,5 jt. Saya yang mendengarnya lumayan bersyukur, karena kami tidak harus mengeluarkan kocek sedalam itu untuk sebuah kursus yang namanya matematika.

Internet adalah suatu tempat belajar yang sangat luas dan murah. Misalnya untuk belajar matematika, anak kami menggunakan IXL math. IXl math adalah suatu situs belajar online untuk anak usia pra sekolah sampai kelas 6 SD. Bentuknya adalah drill soal-soal. Harganya juga lumayan murah bila dibandingkan lembaga kursus disekitar rumah kami, apalagi bila kita dapat berlangganan secara rombongan. Seingat saya, saya hanya membayar Rp. 100rb/th untuk satu orang anak. Karena kami menggunakan dua akun untuk dua anak, jd kami membayar Rp. 200rb untuk satu tahun.

Alhamdulillah, awalnya anak kami merasa sulit untuk menyesuaikan diri. Apalagi bila ia salah menjawab, poin perolehan akan dikurangi, dan itu cukup membuat kesal. Tapi, alhamdulillah karena ada hadiah gambar lucu sesudahnya dan juga laporan berkala, jadi lama kelamaan ia merasa senang kembali. Sampai tadi pagi, anak pertama kami sudah menyelesaikan 2500 soal untuk tingkat kelas dua ^^

Sengaja kami pilihkan kelas dua, secara bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris. Untuk soal-soal geometri, pengukuran, belajar jam dan soal cerita, anak kami harus memahami kata perkata. Lain halnya dengan soal hitungan, kadang tidak perlu membaca soalnya, sudah tahu jawabannya. Tentu saja tidak mudah baginya, kadang ada satu atau lebih kata yang tidak ia mengerti. tapi ada goole terjemah yang membantunya menterjemahkan bila ada kosa kata yang tidak paham.

Selain latihan, award untuk anak, orangtua juga akan mendapatkan laporan berkala mengenai perkambangan anak-anaknya. Atau bisa juga memantau kegiatan anak-anak melalui situsnya secara langsung. Untuk belajar online ixl math, anak kami menggunakan waktunya antara 5-10 menit setiap harinya. Jadi lama kelamaan ternyata banyak juga yang sudah diselesaikan.

Mengenai matematika lagi, ada juga kurikulum matematika online yang bisa kita unduh secara gratis. MEP atau Centre for Innovation in Mathematics Teaching ini bisa digunakan secara ofline, tentunya harus diunduh kemudian di print dulu untuk bisa digunakan. Mengenai MEP dan bagaimana situs ini banyak yang merekomendasikan, bisa Anda baca ceritanya disini.

Ada juga game matematika online gratis. Anak kami sering menggunakan hoodamath sebagai salah satu game yang dimainkan.

Read Full Post »

Menulis

Anak sulung kami menyukai pelajaran matematika, katanya. Tapi… kalau menulis, waduh susah sekali, “kenapa harus menulis ummi… menulis itu sangat nggak enak…” begitu gaya keluhnya.

Kebetulan saya ada beberapa buku tematik dari Grasindo. Saya beli ketika masih di Yogya dulu, dengan harga diskon. Coba Bang, lihat gambarnya, dan tulis kira-kira gambarnya bercerita tentang apa. Ia kemudian mengambil bukunya dengan pasrah. Tetapi tidak berapa lama Ia sudah tertawa-tawa sendiri. Saya kemudian hampiri, ada apa yha…

Dan begini deh hasil tugasnya ;p

Keterangan gambar
1. “Uangnya cukup untuk beli es krim.”
2. “uangku mana yha tadi kan ada disini.”
3. “buru-buruan aku mau beli langsung.”
4. “cepetan warungnya mau tutup.”
5. “eh lupa aku harus nyiramin kodok.”
6. “mandi dulu ah, kan mau ke warung.”
7. “harus pakai baju bersih kan mau ke warung.”
8. “Harus sisiran kan mau ke warung.”
9. “pas di warung kok malah makan nasi kayak di restoran nggak makan es krim.”
10. “Ibu ini kembalian abis ke restoran.”

MasyaAllah, rupanya ia menemukan cara asyik agar belajar menulis dan menceritakan gambarnya menjadi lucu dan tidak menjemukan. Barakallahu fiik..

Btw, gambarnya nyambung dengan kalimatnya. Tapi tentu bukan itu yang dimaksud oleh si pembuat tugas. Tak apalah Nak, bersyukur kita homeschool, jadi tulisanmu malah membuat ummi tertawa-tawa. Hmm… nilai 1000 deh untuk kamu!  ^^

Read Full Post »

Di lingkungan rumah kami banyak anak-anak yang belum bisa/lancar membaca, walau mereka sudah sekolah. Jadi kami mengumpulkan beberapa anak sekitar rumah kami, untuk belajar bersama. Saya mengajarkan anak-anak iqro, anak kami A mengajarkan teman-temannya membaca.

Begini nih aksinya anak kami ketika jadi bapak guru… ^^ beibi kami H juga ikutan lho.

 

 

 

Tapi kadang-kadang Ia kurang sabar menghadapi teman-temannya. Maunya semua temannya cepat bisa… hehe… sabar yha Bang!

Read Full Post »

Saya mendapatkan ide kegiatan ini dari klub oase di facebook yang di posting oleh Mbak lala. Maka ketika siang menjelang saya menjalan hampir sama persis seperti yang dilakukannya. Saya katakan kepada anak-anak untuk mengumpulkan bahan-bahan dari luar untuk dibuatkan sebuah karya apa saja. Saya berikan waktu pada mereka sekitar 15 menit. Eh…. tapi sebelum 15 menit sudah pada pulang lagi…;p padahal sih maunya lamaan dikit, secara ada yang mau saya kerjakan dirumah.

Akhirnya setelah sibuk buat-buat, yang cuma sebentar, jadi dua karya istimewa ini. Idenya unik, anak pertama kami membuat karya yang judulnya danau. Dia menambahkan batu-batu, pepohonan (diambil dari pohon pepaya) disekitar danau sederhana buatannya. Ide yang patut saya puji ketika dia mengusapkan penghapus papan tulis untuk menggambarkan kedalaman air danau. Di usap dan digosok-gosokkan ke kertas, jadi deh danau sederhana buatannya yang agak kelihatan menghitam.

Anak kedua kami menggunakan benda yang lebih sederhana. Ia membuat badan monyet dari lidi kecil dan kepalanya dari pecahan genteng. Eit… apa itu… ooo ternyata itu adalah pisang. Pisang dibuat dari batang pohon kecil yang dikupas-kupas menyerupai pisang. Judul karyanya monyet sedang makan pisang…^^ “Wah ini pisangnya lebih besar dari monyetnya nak…”, hahaha…anak kami terawa geli juga melihatnya.

Alhamdulillah bisa didokumentasikan, secara ayah abbas sedang ada dirumah. Jadi bisa difoto pakai notebook ayah Abbas. Ayooo di foto dulu…

 

Read Full Post »

Alhamdulillah ramadhan sudah berlalu delapan hari. MasyaAllah… saya merasa ramadhan kali ini cepat sekali berlalu. Atau saya saja yang merasa demikian yha…;p Anak-anak kami sudah mulai berpuasa tahun ini. Si sulung cukup membanggakan saya, ia dua hari berbuka di waktu ashar, dan sisanya ia berbuka ketika maghrib. MasyaAllah…
Begitu juga dengan anak kedua kami, ia berbuka jam 10 atau ketika dzuhur. Pernah berbuka jam setengah dua, tapi itu karena ketiduran. Hehehe…

Saya katakan, bila berpuasa sampai dzuhur ada pahala dari Allah –insyaAllah– karena telah belajar berpuasa. Juga ada hadiah dari ummi lho… hadiahnya es krim ^^ Padahal ia juga biasa makan es krim. Tapi dibulan ramadhan sepertinya es krim terasa lebih istimewa. Kami juga mengisi pohon ramadhan dengan gambar-gambar apel yang penuh. Walau puasa hanya setengah hari, yasmin tidak mau apelnya setengah, hehehe…

Saya sedang berusaha memberikan motivasi dan motivasi untuk beribadah kepada Allah. Motivator yang terbaik tentu adalah Rasulullah shalallahu ‘alayhi wa sallam. Ketika pada perang Badr, Rasulullah shalallahu ‘alayhi wa sallam berkata, “Bangkitlah menuju surga seluas langit dan bumi.” …  Maka segera bangkitlah Umair bin Hamam menuju jihad sampai dia tidak mempunyai cukup waktu untuk kurmanya. (Shahih Muslim, Kitab Al-Jihad, Bab Tsubut Al-Jannah lisy Syahid, no. 4892) MasyaAllah… begitu contoh Nabi kita yang mulia Muhammad -shalallahu ‘alayhi wa sallam-

Beibi cantik kami bulan ini sudah mulai makan, Alhamdulillah. Saya merasa mudah dalam menjalankan puasa tahun ini. Saya racik-racik menu tunggal untuknya. Ditambah dengan buah-buah segar. Alhamdulillah jogja murah dan ramah, hingga buah seribu rupiah masih bisa didapat. Semua adalah karunia Allah Azza wa Jalla.

Gambar diambil dari ummiscircle.blogspot. Klik digambar untuk menju link.

Read Full Post »

Situs belajar bahasa arab ini cantik sekali. Ada ibooknya, ada gamesnya ada quisnya pula lagi. Saya dapatkan ini dari Ummu Sumayyah, semoga Allah membalasanya dengan kebaikan, aamiin, ^^

Ibooknya bercerita tentang Umar wa Maryam (Umar dan Maryam). Di ibook pertamanya ada juga “qittoh” yang artinya kucing betina. Ada kata tunjuk untuk laki-laki dan perempuan. Karena didukung gambar, jadi mudah dimengerti anak-anak. Kalau ada cerita seperti ini, bertingkat juga bacaannya, saya mau deh langganan ^^ Seperti di Reading a-z gitu lho… Mudah-mudahan ada yang baca ini dan mau merealisasikan bikin situs belajar bahasa arab yang cocok untuk anak ^^

Umar wa Maryam, klik digambar ^^

Read Full Post »

Udah lama kepengen bikin prakarya (jiah, prakarya ;p) seperti yang didalam blog ummu aliyyah. Tapi berhubung malas beli karton tebal ke kota, jadi nggak jadi-jadi. Alhamdulillah, dapat juga karton tebal bekas kotak snack. Ceritanya ayah abbas dapat giliran untuk menyediakan konsumsi untuk rapat RT bulan ini. Ayah abbas harus menyediakan konsumsi dalam bentuk kotak untuk konsumsi warga setempat. Berhubung kami sukanya yang mudah, dan nggak pakai buat ^^ hehehe… jadi deh, isi snack konsumsi tersebut tinggal dipesan pada salah satu warga disekitar kami juga. Dan ketika selesai rapat warga, kotak makanannya dikumpulkan terus dibawa pulang oleh ayah abbas. Hahahaa…. ayah teladan deh ^^

Dengan modal kotak tersebut, siang tadi kami mengerjakan prakarya kami masing-masing. Yasmin membuat pot kecil dan bunga. Abbas membuat tank (yang sebenarnya nggak mirip tank sama sekali) ^^, dan saya membuat seperti yang sahabat saya buat ini ^^ Saya tidak dapat mendokumentasikan satu-satu pekerjaan kami, berhubung hanya bermodal kamera notebook ayah abbas ;p

Menjelang sore, anak-anak juga mau membuat seperti yang saya buat. Akhirnya saya berinisiatif membuat mainan untuk Hana. Bahannya dari lidi dua buat yang diikat seperti tanda tambah. Lalu digantungkan bentuk lingkaran, segitiga dan segi empat dengan benang. Taram… jadilah gantungan warna-warni yang menari ditiup angin. Anginnya dari kipas dikamar…hehehe…alhamdulillah. Sungguh suatu nikmat dari Allah…^^

Read Full Post »

Older Posts »