Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Preschool’ Category

Dulu sekali, saya belum mengajarkan perkara aqidah ini kepada anak pertama kami. Karena saya tidak berfikir ia belum paham permasalahan ini. Ternyata tidak demikian, itu hanya ketakutan saya saja…¬† anak-anak ternyata mudah menerimanya… Mungkin karena memang sesuai dengan fitrah mereka sebagai hamba Allah.

Seperti contoh percakapan disuatu pagi:
Ummi: Nama kamu siapa sih?
H : Fulanah
Ummi: Ayah kamu siapa?
H: B*
Ummi: Ayah lagi dimana?
H: Di kanto(r)
Ummi: Kalau ibu kamu namanya siapa?
H: Ali cucanti (;p)
Ummi: Memang ibu kamu ada dimana?
H: Ini ummi (sambil nunjuk emaknya)
Ummi: Ohh… ini ibu kamu yha? aku pikir ini ummi kamu?
Cengar-cengir… ngambil jeda

Ummi: Hana, Kalau Tuhan kamu siapa?
H: Allah
Ummi: Allah ada dimana?
H: Dilangit (sambil menunjuk langit).

===========
Pelajaran ini saya ambil dari buku: Pelajaran Aqidah, Hikmah Anak Sholih, hal 14-15
Di mana Allah?

Kalau engkau ditanya di mana Allah?
Jawablah Allah di atas langit
Allah bersemayam, tinggi dan naik di atas ‘Arsy
Apakah ‘Arsy itu?
‘Arsy adalah makhluk Allah yang paling besar
‘Arsy juga makhluk yang letaknya paling tinggi
‘Arsy berada di atas langit ketujuh.

Allah Azza wa Jalla berfirman:
” Ar rahman (Dzat Yang Maha Penyayang) Beristiwa’ (Bersemayam, tinggi dan naik) di atas ‘Arsy” (QS. Thoha:5)

Pada suatu hari rasulullah shallallahu ‘alayhi bertanya kepada seorang budak perempuan,
“Di mana Allah?”
Budak itu menjawab:
“Diatas langit”
Kemudian Rasulullah bersadba,
Bebaskan budak itu karena sesungguhnya dia adalah seorang yang beriman.” (Riwayat Muslim)
===============================

Allah telah memberitakan dalam Al Qur’an mengenai dirinya yang berada di Arsy. Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam juga telah mencontohkan cara mengajari seseorang dan mengetahui keimanan seseorang dengan bertanya, “Di mana Allah?”. Ketika budak tsb menjawab, “Diatas langit.”
Maka Rasulullah mengatakan, “Bahwa sungguh ia seorang yang beriman.”
Ini sungguh pengakuan Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Jadi termasuk keimanan adalah meyakini Allah ada dilangit yang paling tinggi, sesuai dengan apa yg difirmankan Allah, dan disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam.

 

Read Full Post »

Meronce asyik lho, bisa melatih motorik halus anak juga…^^ Ini Kakak, sedang meronce. Abang juga ikutan lho, tapi tidak di foto ^^

 

 

 

 

Mengenai Balita dan perkembangan fisik, psikomotriknya Anda bisa membacanya di Wiki.

Read Full Post »

Kudapan

Ngomong-ngomong soal kudapan siang. Begini kudapan disela-sela waktu kegiatan kami…

 

 

 

Ada jagung rebus, kacang bogor, mayonaise. Tadinya ada brokoli dan wortel, tapi sudah di ‘gadoin’ duluan. Yes! sukses deh kudapannya. Eit… jagungnya dimakan dede kecil… ^^

 

 

 

Wah… kamu kecil-kecil makannya banyak juga De…

 

 

 

Hmm… kalau ini namanya pisang goreng. Oh, sudah tahu yha? ini adalah kegemaran kami semua dirumah. Termasuk makhluk kecil¬† yang lucu ini.

 

 

Nyam…nyam…

Read Full Post »

Begini ini nih anak-anak kami kalau sedang “iseng” …

Y: Kaka buat kamera Mi…
U: Oke deh kk… senyum.

 

 

 

 

Y: Kk buat tas Mi.
U: Wah… lumayan yha buat koin. Hehehe…

 

 

 

 

 

 

U: Ummi buat cerita nih, kakak baca yha.
Y: Iya Mi. Nanti kakak buat cerita ummi baca yha…
U: Oke ^^

 

 

 

 

Ummi: Mungkin yang baca postingan ini juga sedang “iseng” ^^

Read Full Post »

Situs belajar bahasa arab ini cantik sekali. Ada ibooknya, ada gamesnya ada quisnya pula lagi. Saya dapatkan ini dari Ummu Sumayyah, semoga Allah membalasanya dengan kebaikan, aamiin, ^^

Ibooknya bercerita tentang Umar wa Maryam (Umar dan Maryam). Di ibook pertamanya ada juga “qittoh” yang artinya kucing betina. Ada kata tunjuk untuk laki-laki dan perempuan. Karena didukung gambar, jadi mudah dimengerti anak-anak. Kalau ada cerita seperti ini, bertingkat juga bacaannya, saya mau deh langganan ^^ Seperti di Reading a-z gitu lho… Mudah-mudahan ada yang baca ini dan mau merealisasikan bikin situs belajar bahasa arab yang cocok untuk anak ^^

Umar wa Maryam, klik digambar ^^

Read Full Post »

Walaupun kami sekolah dirumah (homeschooling), bukan berarti kami terus menerus belajar dirumah ;p Seperti kali kemarin kami jalan-jalan ke kids fun. Disana, salah satu arena yang kami nikmati adalah flying fox. Abbas ternyata suka sekali dengan flying fox, sampai-sampai Abbas minta-minta lagi. Sedangkan Yasmin mengatakan, “Tadi yasmin tutup mata mi, biar nggak serem.” hehehe….

Secara baru dapat link photo editing baru dari Mom Eka, langsung deh dipraktekkin. Begini hasilnya… ^^

Yasmin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Abbas

Read Full Post »

Udah lama kepengen bikin prakarya (jiah, prakarya ;p) seperti yang didalam blog ummu aliyyah. Tapi berhubung malas beli karton tebal ke kota, jadi nggak jadi-jadi. Alhamdulillah, dapat juga karton tebal bekas kotak snack. Ceritanya ayah abbas dapat giliran untuk menyediakan konsumsi untuk rapat RT bulan ini. Ayah abbas harus menyediakan konsumsi dalam bentuk kotak untuk konsumsi warga setempat. Berhubung kami sukanya yang mudah, dan nggak pakai buat ^^ hehehe… jadi deh, isi snack konsumsi tersebut tinggal dipesan pada salah satu warga disekitar kami juga. Dan ketika selesai rapat warga, kotak makanannya dikumpulkan terus dibawa pulang oleh ayah abbas. Hahahaa…. ayah teladan deh ^^

Dengan modal kotak tersebut, siang tadi kami mengerjakan prakarya kami masing-masing. Yasmin membuat pot kecil dan bunga. Abbas membuat tank (yang sebenarnya nggak mirip tank sama sekali) ^^, dan saya membuat seperti yang sahabat saya buat ini ^^ Saya tidak dapat mendokumentasikan satu-satu pekerjaan kami, berhubung hanya bermodal kamera notebook ayah abbas ;p

Menjelang sore, anak-anak juga mau membuat seperti yang saya buat. Akhirnya saya berinisiatif membuat mainan untuk Hana. Bahannya dari lidi dua buat yang diikat seperti tanda tambah. Lalu digantungkan bentuk lingkaran, segitiga dan segi empat dengan benang. Taram… jadilah gantungan warna-warni yang menari ditiup angin. Anginnya dari kipas dikamar…hehehe…alhamdulillah. Sungguh suatu nikmat dari Allah…^^

Read Full Post »

Older Posts »